41. KONFIGURASI BURST LIMIT PADA MIKROTIK

 KONFIGURASI BURST LIMIT PADA MIKROTIK


A. PENGERTIAN BRUSTING &  CARA KERJA BURSTING

Bursting adalah konsep dalam manajemen jaringan dan bandwidth yang memungkinkan suatu koneksi untuk melebihi batas kecepatan yang telah ditentukan selama periode waktu tertentu. Teknik ini sering digunakan oleh penyedia layanan internet (ISP) dan administrator jaringan untuk memberikan fleksibilitas dan kinerja yang lebih baik kepada pengguna, terutama dalam situasi dimana pengguna membutuhkan bandwidth tambahan untuk jangka waktu singkat. 

Bursting bekerja dengan cara mengizinkan koneksi untuk "meledak" atau melampaui batas bandwidth normal yang telah ditentukan selama periode waktu yang telah disepakati. Misalnya, sebuah koneksi internet mungkin memiliki kecepatan dasar 10 Mbps, tetapi dengan bursting, koneksi tersebut dapat mencapai 20 Mbps selama beberapa menit untuk mengakomodasi permintaan bandwidth yang tiba-tiba tinggi.


B. CARA INSTALL&KONFIGURASI SIMPLE QUEUE

A. Alat Dan Bahan

  • RB941,RB951-952-750Gr3 
  • Adaptor RB Kabel Lan RJ45
  • Laptop ( Untuk Remote ) 
  • Software Winbox 64-Bit 
  • Internet

B. Langkah-Langkah Instalasi dan Konfigurasi :

1. Langkah pertama yaitu Install Dan konfigurasi Ubuntu servernya terlebih dahulu, Konfigurasi Mikrotik Dasar.

2. Buka software CMD (Command Promt), ketik perintah "ipconfig", lihat laptop/komputer client mendapatkan ip berapa, disini mendapatkan ip "192.168.8.1".



3. Langkah Selanjutnya Buka Winbox, kemudian pilih "Queues" lalu tab bagian simple Queues dan klik tanda+/add seperti berikut.




4. Setelah itu Isi bagian namenya "Bebas sesuai keinginan", kemudian pada Target Isikan ip client yang tadi sudah di cek, lalu Isi Max Limit "Upload 5M" dan "Download 5M". Jika kalian tidak tau rumus burstnya, silahkan cek link berikut Rumus Burst atau kalian bisa lihat pada gambar dibawah ini.



Maka akan otomatis muncul di dashboard Simple Queues.




5. Langkah Selanjutnya ialah Silahkan kalian ujicoba pada website "Speedtest".





6. langkah terakhir Kalian buka di Simple Queues pada menu Queues, klik di bagian Traffic, lalu lihat di bagian trafficnya akan otomatis akan muncul traffic.




Komentar