3.3 KONFIGURASI (VPS) VIRTUAL PRIVATE SERVER


KONFIGURASI (VPS) VIRTUAL PRIVATE SERVER


PENGERTIAN VPS

Virtual Private Server atau VPS adalah layanan server virtual yang memiliki sumber daya yang terdedikasi khusus untuk satu pengguna, berbeda dengan shared hosting dimana sumber daya komputasi yang sama digunakan oleh beberapa pengguna. Hal ini menyebabkan website yang berjalan di atas shared hosting bisa terganggu jika seandainya pengguna dalam satu sumber daya yang sama menggunakan sumber daya secara besar.

    VPS ini untuk menyediakan server virtual yang bisa dikontrol dan dikonfigurasi sendiri oleh pengguna. Fungsinya dapat menghosting beberapa website, penyimpanan file hosting, server percobaan dan sebagainya.


    CARA KONFIGURASI VIRTUAL PRIVATE SERVER 

    A. Alat dan Bahan 

    - Virtualbox  

    - Koneksi Internet 

    - PuTTY

    - Laptop/Komputer 

    - Domain pribadi 

    - Serta layanan VPS 


    B. Langkah-Langkah


    1.Pada domain ini membeli di website IdCloud.host dan akses terlebih dahulu untuk website tersebut. Lalu pada tampilan dashboard pilih Produk dan Domain.


    2. Lalu masukkan subdomain yang diinginkan, contoh : kelompok5vps dan gunakan domain .my.id lalu pilih check


    3. Jika domain belum terbeli atau masih tersedia maka akan muncul domain is available


    4. Bila domain sudah sesuai dengan yang diinginkan maka lanjut pada part pembayaran dengan cara klik button Add to Cart pada bagian bawah.


    5. Selanjutnya ceklis pada bagian DNS Management dengan bertuliskan FREE! /1 Year/s dan klik button Continue.


    6. Jika belum pernah login ke website idcloud.host ini maka harus mengisi data pribadi sebelum membeli yang kita inginkan.


    7. Masukkan password untuk akun idcloud-nya.


    8. Berikutnya adalah memilih metode pembayaran yang diinginkan.


    9. Lalu beri centang I have read and agree to the terms of Service dan setelah itu klik button Checkout untuk lanjut pada sesi pembayaran selanjutnya. Harga yang tertulis sudah termasuk PPN.


    10. Setelah itu akan muncul Invoice pembayaran dan klik button Pay Now untuk pembayaran. 


    11. Jika sudah dibayar maka akan muncul Your Payment was Successfull



    12. Check kembali domain untuk memastikan apakah domain tersebut sudah berhasil terbeli atau belum. Caranya kembali pada dashboard dan pilih Domains dan pilih My Domains.  Jika status sudah Active dan berwarna hijau maka domain yang diinginkan sudah berhasil terbeli.



    2. CARA MEMBELI VPS DI rumahweb.com

    1. Akses website rumahweb.com dan pilih location sesuai yang dibutuhkan dan OS menggunakan Ubuntu 20.04 64bit, sudah terlihat bahwa harga yang harus dibayar sebesar 70.000 klik DEPLOY.


    2. Isikan hostname sesuai keinginan, contoh Hostname : vps.team5asj.com, paket : VPS  Linux S, Periode Tagihan : 1 Bulan, sistem operasi : ubuntu 20.04 dan klik lanjut untuk ke metode pembayaran.


    3. Pilih metode pembayaran, contoh menggunakan gopay.


    4. Pastikan kembali VPS yang ingin dibeli dan harga yang sudah tertera tersebut sudah termasuk pajak. lalu pilih checkout jika semua sudah benar.


    5. Jika VPS sudah dibayar maka akan diarahkan ke dashboard rumahweb dan status dari VPS tersebut adalah active, setelah itu klik manage.


    6. Terdapat informasi akun VPS yang sudah dibeli dengan isi IP Address dan Root Password untuk diremote pada aplikasi PuTTy atau aplikasi ketiga lainnya.


    7. Geser pada bagian atas dan klik Manage VPS untuk masuk ke Virtualizor.


    8. Tampilan dari KVMPANEL dari rumahweb. Jika bulatnya sudah berwarna hijau maka server sedang berjalan.



    3. KONFIGURASI DOMAIN KE VPS DAN INSTALASI WordPress

    1. Remote IP Address VPS menggunakan PuTTy dengan port 22.



    Jika sudah seperti ini,  mulai remote dengan klik Accept

    2. Login menggunakan root dan masukkan password yang sudah diketahui pada dashboard rumahweb.


    3. Lakukan update pada servernya dengan perintah apt update


    4. Lakukan instalasi apache2 pada server dengan perintah apt-install apache2.


    5. Selanjutnya check status apache2 dengan perintah systemctl status apache2 dan pastikan web server apache2 tersebut sudah active (running). 


    6. Verifikasi pada browser dengan masukkan alamat IP dan tampilan web server apache2 sudah berhasil muncul.



    7. Setting domain yang sudah dibeli sebelumnya dan masuk pada IDCloudHost. Setelah masuk pada dashboard pilih Domains dan DNS Management.


    8. Pada bagian DNS Zones klik centang disamping domain yang kita punya lalu klik icon edit.


    9. Setelah berada di DNS Manager klik Add Record untuk menghubungkan domain ke VPS menggunakan alamat IP Address yang didapat dari VPS.



    10. Isikan data dengan Name @ Type A dan RDATA yaitu IP Address VPS lalu klik Add Record jika sudah selesai.


    11. Jika record telah berhasil dibuat, maka data tersebut akan muncul pada halaman DNS Manager.


    12. Verifikasi domain pada VPS dengan melakukan ping kelompok5.my.id dan pastikan bahwa ping sudah berjalan.


    13. Verifikasi kembali pada web browser dengan menggunakan domain yang sudah dihubungkan sebelumnya.


    14. Kembali lagi pada IDCloudHost dan lakukan setting Nameserver. Caranya masuk pada dashboard lalu pilih domain yang sudah dibeli dan bericeklis pada domain tersebut kemudian pilih titik tiga dan pilh Manage Nameservers.

    15. Pilih Use Custom Nameserves (Enter Below) dan gunakan Nameserver dan save. (Nameserver tergantung pada website mana tempat kita membeli VPS).

    ns1.rumahweb.com
    ns2.rumahweb.com

    16. Pilih kembali Use Default Nameserves dan klik Change Nameserves.

    17.Tambahkan new record server1 dan server2 yang isinya ns1 dan ns2.


    18. Setelah selesai add record, cek hasil recordnya pada halaman DNS Manager.


    19. Cek domain pada website whatsmydns.net untuk memastikan apakah domain yang kita miliki sudah running dipublic atau belum. Jika tanda centang hijau maka domain kita sudah running di negara tersebut.



    Konfigurasi Web Server Nginx 

    1. Install Plugin Nginx di Ubuntu server, dengan perintah "apt install nginx" "y" enterHal ini berfungsi agar dapat menginstall webserver nginx ke dalam VPS kita.



    2. Jika nginx sudah terinstall, maka selanjutnya lakukan verivikasi dengan perintah "systemctl status nginx" agar kita dapat memastikan kalau status dari nginx nya aktif.



    3. Selanjutnya lakukanlah pencarian pada browser dengan menggunakan IP server, hal ini merupakan verifikasi, apakah nginx sudah benar-benar sudah berjalan atau belum.

    4.  Langkah selanjutnya yang akan anda lakukan adalah melakukan DNS Management terhadap Domain anda, dimana fungsi dari DNS Management sendiri adalah menghubungkan domain dengan VPS anda, jadi ketika anda melakukan pencarian dengan menggunakan domain milik anda, maka hasilnya merupakan apa yang telah dibuat pada server. untuk hasil lebih lanjut anda bisa lihat pada gambar dibawah ini.


    5. Jika sudah masuk pada DNS Management lalu klik pada bagian DNS Zones klik centang disamping domain yang kita punya lalu klik icon edit.



    6. Langkah selanjutnya yang akan anda lakukan ketika sudah masuk kedalam DNS Management adalah menambahkan new Record untuk DNS tersebut. untuk hasil lebih lanjut anda bisa lihat pada gambar dibawah ini.


    7. Gambar dibawah ini merupakan DNS pertama yang akan anda tambahkan yakni Domain "www.kelompok5vps.my.id" dan menggunakan record type "A" dengan menggunakan IP atau Hostname dari server VPS anda.



    8. Jika record telah berhasil dibuat, maka data tersebut akan muncul pada halaman DNS Manager.

    9. Langkah selanjutnya yang akan anda lakukan adalah mengecek Nameserver Setting, dimana Server Setting ini merupakan DNS server yang diberikan oleh RumahWeb untuk membagikan domain anda kekhalayak di dunia maya. untuk hasil lebih lanjut anda bisa lihat pada gambar dibawah ini.

    10. Di bawah ini adalah nameserver yang di berikan oleh web tempat kita membeli VPS yang dapat kita tambahkan ke dalam DNS management.


    11. Selanjutnya Tambahkan DNS dengan domain "server1" dan "server2" dan menggunakan record type "NS" serta menggunakan hostname dari server VPS kita "ns1.rumahweb.com".


    12. Setelah selesai add record, cek hasil recordnya pada halaman DNS Manager.


    13. Jika semua konfigurasi telah selesai maka yang harus di lakukan setelah nya adalah pengujian dengan melakukan ping ip server serta domain,  mengecek DNS kita pada network internasional, dan mengecek dns kita pada network internasional

    Uji coba ping terlebih dahulu dns yang sudah didaftarkan ke vps


    disini dapat dilihat beberapa negara sudah resolv.


    13.  Akses domain tersebut di vps dengan membaca domainnya http://kelompok5vps.my.id/  dapat dilihat sudah berhasil diakses.





    Komentar