3.9 INSTALASI PROACTIVE PASSWORD AUDITOR

 

INSTALASI PROACTIVE PASSWORD AUDITOR



A. PENGERTIAN PROACTIVE PASSWORD AUDITOR

Proactive Password Auditor (PPA) adalah perangkat lunak yang dirancang untuk menguji keamanan kata sandi dalam sebuah jaringan komputer. PPA melakukan ini dengan menggunakan teknik serangan brute force atau serangan kamus (dictionary attack) terhadap database kata sandi yang ada di jaringan tersebut. Dengan demikian, perangkat lunak ini membantu dalam mengidentifikasi kata sandi yang lemah dan meningkatkan keamanan jaringan.


B. CARA INSTALLASI PROACTIVE PASSWORD AUDITOR

A. Alat dan Bahan
  • Proactive Password Auditor
  • Internet

B. Langkah-langkah Installasi Proactive Password Auditor(PPA)

1. Langkah pertama Download terlebih dahulu software PPAnya

2. Kemudian Buka aplikasi PPA yang sudah di download, lalu double klik aplikasinya. Jika sudah maka akan muncul tampilan seperti ini, kemudian klik next saja.



3.  Kemudian pada bagian End-User License Agreement Klik Accept (Bahwasanya saya Setuju). 



4. Kemudian jika kalian memiliki kode lisensinya silahkan masukan kodenya jika kalian tidak memiliki kode lisensinya maka Klik Next Saja.
 


5. Lalu pada bagian Custom Setup klik Next.



6. Kemudian Jika kalian ingin mengubah folder penyimpanan software ppanya, kalian bisa klik Change lalu pilih foldernya. jika tidak mau ganti folder penyimpananya klik next.



7. Lalu klik Install, Jika Muncul Popup ( YES/NO ) Klik YES.



8. Setelah itu Tunggu proses penginstallan paketnya selesai.



9. Jika Sudah berhasil menginstall PPAnya maka akan muncul seperti ini. Disini kalian klik Finish dan otomatis akan terbuka software Proactive Password Auditor ( PPA ). 



10. Selanjutnya Uji Coba BruteForce. Jika muncul popup seperti ini Klik Close. 



11. Setelah itu lakukan ujicoba bruteforce, Pilih "Memory Of Local Computer" Lalu Klik DUMP Proses DUMP akan berlangsung, tunggu proses DUMP selesai. 



12. Jika berhasil maka akan muncul seperti, maksud dari tanda "????" itu tanda bahwa password kita yang di buat untuk login Windows tidak berhasil di BRUTEFORCE, maka apabila muncul angka atau passwordnya muncul, maka Password yang dibuat rentan kena BruteForce.






Komentar